HASANAH CARD..KARTU KREDIT BERBASIS SYARIAH DARI BNI SYARIAH

HASANAH CARD...KARTU KREDIT BERBASIS SYARIAH DARI BNI SYARIAH
"Inspiransi Belanja Bijak, Sesuai Syariah"

Rabu, 23 September 2009

PERBEDAAN ANTARA KARTU KREDIT KONVESIONAL DENGAN KARTU KREDIT SYARIAH : HASANAH CARD

BNI SYARIAH telah menerbitkan kartu kredit yang berbasis dengan syariah : Hasanah Card, dimana kartu kredit ini sangat berbeda sekali dengan kartu kredit konvensional khususnya dalam sistem perhitungan biaya yang akan dibebankan kepada pemegang kartu kredit. Hasanah Card telah menyesuaikan dengan ketentuan syariah dari Dewan Syariah Nasional No. 54/DSN-MUI/X/2005, dengan memakai akad Kafalah – Qardh - & Ijarah, sehingga sistem perhitungan biayanya lebih transparan, adil serta lebih murah dibandingkan dengan sistem perhitungan biaya pada kartu kredit konvensional.

Perbedaan yang mendasar antara kartu kredit konvensional dengan kartu kredit syariah Hasanah Card, adalah sebagai berikut :

1. Pada kartu kredit konvensional, biaya bunga dan biaya-biaya lain (seperti biaya denda keterlambatan, dsbnya) yang timbul pada bulan tersebut, akan diakumulasi dengan sisa hutang pokok yang belum terbayarkan setelah tanggal jatuh tempo, untuk menghitung biaya bunga pada bulan berikutnya, sehingga dikenal dengan sistem bunga ber bunga (bunga yang dibungakan kembali). Selain itu perhitungan bunganya juga mulai dilihat berdasarkan nilai awal hutang pada saat transaksi dan juga melihat jumlah hari hutang yang berjalan, berdasarkan saldo hutang rata-rata harian, dihitung dari tanggal posting/ tanggal transaksi.
Contoh :
Apabila ada sisa tanggihan dari bulan sebelumnya sebesar Rp 1.000.000,- dengan bunga 3% sebesar Rp 30.000,-. Kemudian sebelum tanggal jatuh tempo dibayarkan sebesar Rp 600.000,-, maka akumulasi sisa hutang pokok setelah tanggal jatuh tempo adalah sisa hutang pokok sebesar Rp 400.000,- ditambah dengan biaya bunga sebesar Rp 30.000,- maka totalnya sebesar Rp 430.000,-. Sehingga perhitungan biaya bunga di bulan berikutnya secara sederhana dihitung dari 3% x Rp 430.000,-. Di contoh ini tidak dimasukkan faktor posting, kalau dimasukkan tentu perhitungan biaya bunga jauh lebih kompleks dan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tertulis di atas.


Pada kartu kredit syariah Hasanah Card, sistem perhitungan biaya Monthly Fee (biaya pengelolaan hutang – ujroh equivalent 2,95%) dihitung berdasarkan kepada sisa hutang pokok bersih setelah tanggal jatuh tempo, jadi biaya yang timbul di bulan sebelumnya tidak diakumulasikan dengan sisa hutang pokok untuk menghitung biaya pada bulan berikutnya. Selain itu pada sistem perhitungan pada Hasanah Card ini tidak berdasarkan pada dimulainya tanggal posting, tetapi dihitung dimulai setelah tanggal jatuh tempo. Jadi kartu Hasanah tidak memperhitungkan kembali nilai awal transaksi, jumlah hari hutang serta tidak memperhitungkan kembali biaya timbul bulan sebelumnya sebagai bagian saldo outstanding baru.

Contoh ;
Diasumsikan sama dengan contoh di atas, dimana sisa tanggihan dari bulan sebelumnya sebesar Rp 1.000.000,- dengan asumsi biaya yang sama sebesar Rp 30.000,- (3%). Sebelum tanggal jatuh tempo dibayarkan sebesar Rp 600.000,-, sehingga setelah tanggal jatuh tempo tersisa hutang pokok bersih sebesar Rp 400.000,- plus dengan biaya bulan sebelumnya sebesar Rp 30,000,-. Maka perhitungan biaya bulan berikutnya (Monthly Fee) adalah dihitung dari 3% x Rp 400.000,-

Maka apabila si pemegang kartu kredit konvensional membayar tanggihan sebesar minimum payment 10% dari total tanggihan, maka pembayaran minimum payment tersebut 80% akan habis untuk menutupi biaya bunga saja, sehingga tidak akan pernah bisa lunas. Bagi pemegang kartu kredit syariah Hasanah Card membayar tanggihan sebesar minimum payment, maka dari pembayaran tersebut yang dipakai untuk biaya Monthly Fee hanya sebesar 29,5% saja, sedangkan sisanya sebesar 70,5% akan mengurangi hutang pokok. Sehingga dalam waktu maksimal 1 tahun 6 bulan dengan membayar minimun payment 10% tiap bulan bisa melunaskan seluruh hutang yang ada.


2. Sistem tarik Tunai di ATM (Cash Advance)

Pada kartu kredit konvensional, akan dikenakan biaya sebagai berikut :
* Dikenakan biaya penarikan sebesar 4 - 10% dari total nominal yang ditarik, tergantung dari bank penerbit kartu tersebut, minimal Rp 50.000
* Biaya bunga Cash Advance, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan biaya bunga retail/belanja.
* Sistem perhitungan biaya bunga Cash Advance adalah memakai sistem bunga harian atau bunga berjalan, artinya bunga mulai dihitung sehari setelah tanggal penarikan sampai tanggal pelunasannya. Jadi apabila pemegang kartu melunasi seluruh dana yang ditarik pada hari ke 10 setelah tanggal penarikan, walaupun itu sebelum tanggal jatuh tempo, maka tetap sudah ada perhitungan bunga selama 10 hari dari total penarikan ditambah dengan biaya penarikan


Pada kartu kredit syariah Hasanah Card, sebagai berikut :
· Hanya dikenakan biaya penarikan sebesar Rp 80.000,-.
· Biaya Monthly Fee untuk cash advance sama besarannya dengan biaya Monthly fee untuk retail/belanja yaitu sama dengan 2,95%.
· Sistem perhitungan biaya Monthly Fee baru dihitung setelah tanggal jatuh tempo berdasarkan kepada sisa hutang pokok bersih yang belum terbayarkan. Jadi apabila pemegang kartu Hasanah telah melunasi seluruh hutangnya sebelum tanggal jatuh tempo, maka hanya dikenakan biaya penarikan saja (Rp 80.000,-). sebagai contoh : apabila card holder hasanah menarika dana sebesar Rp 1,5 jt dari atm bni, dan kemudian dia melunaskan sebelum tanggal jatuh tempo maka hanya dikenakan biaya penarikkan sebesar Rp 25 ribu., tetapi apabila yang dibayarkan hanya Rp 500 ribu saja, maka pada billing di bulan berikutnya dia hanya dikenakan biaya Monthly fee sebesar Rp 29.500,- (Rp 1 juta sebagai outstanding x 2,95%) ditambah dengan biaya penarikan Rp 80 ribu.


Maka apabila dalam satu lembar penaggihan pada kartu kredit konvensional ada tanggihan belanja dan tanggihan Cash Advance, dimana si pemegang kartu tersebut belum bisa membayar secara keseluruhan tanggihan, maka pembayaran yang dilakukannya oleh pihak bank penerbit akan diposting terlebih dahulu pembayaran transaksi belanja, baru sisanya untuk pembayaran transaksi Cash Advance, karena bunga yang dihasilkan dari Cash Advance lebih besar dan sistem bunganya bunga harian/belanja. Sedangkan kartu Hasanah, tidak membedakan transaksi antara transaksi retail maupun cash advance, karena yang dilihat hanya total sisa tanggihan yang belum dibayar saja setelah tanggal jatuh tempo.


3.Fasilitas Executive Lounge di Bandara Udara, bagi Pemegang kartu Gold & Platinum.

Bagi pemegang kartu kredit konvensional yang Gold, penggunaan fasilitas executive lounge di bandara udara, sekarang tidak lagi gratis, karena akan mengurangi point reward atau akan mendebet otomatis. Sedangkan bagi pemegang kartu Hasanah Card yang Gold, fasilitas tersebut masih gratis, tanpa mengurangi point reward atau tanpa akan didebet.
4. Bussiness Opportunity
BNI Syariah berkerjasama dengan beberapa pemegang hak franchise / waralaba memberikan kesempatan pemegang kartu hasanah untuk memulai usahanya, dimana biaya awal (pembelian hak waralaba) bisa didebet dari kartu hasanah dan bisa dicicil selama 12 bulan, tanpa ada tambahan biaya apapun. Waralaba seperti Mie Hezoo, Somay Echo. Fresh Mountain tea, Martabak Tela, Sweet Burger, Seven to Seven, Royal Crepes, Ayam & Bebek Kremes, Mister Blek, GWGuyur

32 komentar:

  1. Persyaratannya apa pak Wendi?

    Saya pernah mengajukan tapi ditolak karena saya waktu itu mau berhenti kerja untuk jadi berubah wiraswastawan.... Padahal waktu itu saya masih kerja dan semua persyaratan jauh lebih dari cukup untuk diterima.

    BalasHapus
  2. maaf baru balas, apa ibu bisa smskan no hp ibu ke no hp saya 085694466859, untuk bisa saya follow up...
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  3. Saya telah dikecewakan dengan Hasanah Card, perhitungan Pinaltynya sangat memberatkan dan lebih memberat 4x lipat dari konventional..

    Perhitungannya sangat tidak jelas dan tidak ada informasi apapun ke nasabah. Ditambah lagi customer services yang tidak memuaskan, complaint saya hingga saat ini tidak pernah di follow-up, pengantaran surat penagihan pun selalu telat dan menyulitkan.

    Saya tidak ridho..

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Wr.Wb.
    sebelumnya saya meminta maaf apabila bapak/ibu mengalami hal yang kurang menyenangkan dari pelayanan kami.
    maaf apa boleh saya tahu nama lengkap, tanggal lahir serta nomor kartu hasanahnya serta nomor hp, supaya saya bisa membantu permasalahan yang bapak/ibu alami sekarang, sehingga tidak ada lagi yang pihak yang dirugikan..
    mohon dismskan saja ke hp saya di 085694466859
    terimakasih sebelumnya
    Wassalam
    Wendi

    BalasHapus
  5. Ya memang seharusnya kita beralih sesuai syariah (rahmatan lil alamin). Namun utk menghindari hal-hal yg kurang menyenangkan tetap SERVICE EXCELLENCE menjadi hal yang paling utama

    BalasHapus
  6. terimakasih pak agus atas sarannya..,oh ya maaf apa bapak berkenan untuk memiliki kartu kredit syariah hasanah dari bni syariah..?kalau berkenan mohon hubungi saya di 085694466859..terimakasih

    BalasHapus
  7. Hasanah Card atau kartu kebahagiaan mudah2an dlm pelaksanaan mencerminkan namanya, Bahagia bagi pihak BNI Syariah krn dpt berbagi kebahagiaan dan yg lebih penting lagi berbahagia bagi si penggunanya. Amin.

    BalasHapus
  8. Mas Wendi Passport saya jg sdh expired, ini sy lg proses perpanjangan KTP. Mungkin setelah KTP jadi sj ya baru dilanjutkan.
    Thanks.

    TEngku Syahdilan
    PFCE Indonesia
    Menara Jamsostek

    BalasHapus
  9. apa bisa aplikasi online? kalo aplikasi ke bni sering gak tahan antrenya, sehingga lebih menghemat waktu.

    tks,
    mujid.

    BalasHapus
  10. assalamualaikum wr.wb.
    terimakasih atas perhatiannya..maaf apa bapak bisa sms no hp bp ke no hp saya 085694466859, supaya saya bisa menfollow up permohonan bapak..
    wassalam

    BalasHapus
  11. hr ini saya dah terima form aplikasi,tapi koq ada "monthly membership fee" yg lumayan gede ya ,minimal 118rb sampe >3jt? mohon penjelasan

    BalasHapus
  12. monthly fee itu hanya digunakan untuk menghitung equivalent (2,95%) dimana yang riil nya yaitu net monthly fee dihitung dari outstanding dikalikan 2,95%..untuk jelasnya saya sudah membuat penjelasan tentang perhitungan biaya.
    oh ya maaf apa bapak bisa dismskan no hp bp yang bisa saya hubungi ke 085694466859..terimakasih

    BalasHapus
  13. assalam
    mohon dikirimkan profile hasanah card ke email saya (mamfir@gmail.com) untuk saya pelajari terutama simulasi perhitungannya
    Saya punya rumusan perhitungan untuk kartu kredit syariah, insya Allah syar'i karena mengacu pada margin dan ujrah. bagaimana agar bisa dipertimbangkan oleh BNI untuk dijadikan dasar perhitungan hasanah card

    BalasHapus
  14. mengenai simulasi perhitungan, bisa bapak lihat di bagian atas..., maaf kalau boleh tahu bapak kerja dimana...?terimakasih

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Assalamu'alaikum wr-wb mas Wendy,

    Sebelumnya saya ucapkan jazakallah, terima kasih atas bantuannya dalam kesediaannya meneruskan keluhan saya ke pihak management BNI Syariah. Alhamdulillah beberapa periode yang lalu keluhan saya telah ditanggapi dan direalisasikan diperiode ini walaupun butuh effort untuk memperjuangkan hal itu, so far bisa diselesaikan minimal kita tau apa yang ingin kita perjuangkan atas hak kita dan tau akad apa yang digunakan plus skemanya seperti apa.

    Saya berharap kemudian hari hal ini tidak terjadi lagi, mengingat bagaimanapun Hasanah Card membawa Nilai2 Syariah yang pastinya memiliki credit point yang lebih yang harus dijaga.

    Dan Insya Allah blog ini dapat memberikan banyak informasi lagi guna memberikan pemahaman yang syamil terhadap para nasabah maupun calon nasabah pengguna Hasanah Card.

    Jazakallah khairan katsiran..

    ::jabat erat::

    BalasHapus
  17. saya masih bingung aja. gak ngerti. jadi tiap bulannya, saya harus byr berapa? apa tiap bulannya gak ada minumum payment?

    BalasHapus
  18. tiap bulan bisa ibu bayar sesuai dengan jumlah tanggihan atau bisa bayar bayar sebagian, minimal membayar sebsar 10% dari tanggihan
    maaf..apa bisa ibu smskan ke nomor 085694466859 atau emailkan ke kartu.hasanah@yahoo.co.id , nama dan no hp yang bisa saya hubungi....?terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  19. apa bedanya hasanah card dng kartu kredit??????

    BalasHapus
  20. hasanah card juga merupakan kartu kredit yang secara fungsional sama dengan kartu kredit bank konvensional, bisa dipakai dimana aja dan belanja apa aja yang penting logo "master" ....
    perbedaannya dengan kartu kredit konvensional adalah hasanah card berbasis syariah jadi bebas riba (bunga berbunga)..detailnya bisa baca artikel diatas

    BalasHapus
  21. assalamualaikum,saya tinggal di kota malang,alamat untuk bni syariah di malang dimana??saya tertarik dengan hasanah cardnya.trima kasih.wassalam

    BalasHapus
  22. di website bnisyariah.co.id disebut ada annual membership fee, cth utk Classic Rp 120.000. mohon penjelasannya?

    lalu utk cash advance, jika ada biaya 2,95% yang dihitung dari tagihan pokok apakah juga termasuk riba (bunga)?

    Terima Kasih atas penjelasannya

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum, Pak Wendy, saya tertarik untuk apply Hasannah Card.
    Mohon Infony persyaratannya apa saja Pak yang harus dipenuhi.
    Karena saya memang berniat utk apply kartu kredit hanya saja masih ragu untuk memilih kartu kredit yang nantinya tidak memberatkan saya di kemudian hari.
    Terimakasih.
    Wassalam

    BalasHapus
  24. Aslm. Pak Wendy, annual fee nya brp yaah?

    BalasHapus
  25. wss...bu,
    u/ kartu hasanah classic Rp 120 ribu/thn
    u/ kartu hasanah gold Rp 240 ribu/thn
    u/ kartu hasanah platinum Rp 600 ribu/thn

    apa ibu berminat u/ apply kartu hasanah...?kalau iya tolong diemailkan nama perusahaan dan alamat kantor serta no hp yang bisa saya hubungi ...tolong diemailkan ke : kartu.hasanah@yahoo.co.id

    terimakasih

    BalasHapus
  26. assalamualaikum...saya baru saja dapat kartu hasanah yg platinum, saya juga pemegang kartu kredit konvensional bni yg gold, apakah atas kartu hasanah ini ada bebas iuran tahunan? krn seingat saya dulu yg ko vensional sya bebas iuran tahunan 2 tahun. lalu secara umum mana lbh menguntungkan anatra hasanah dan konvensional? krn saya masih bingung dgn adanya monthly fee sebesar 1.180.000, klo saya dalam satu bulan tidak ada transaksi apakah akan tetap dikenakan biaya tsb? trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikusalam...alhamdulilah kalau bapak sudah mendapatkan kartu hasanah...gratis iuran tahunan satu tahun pertama....monthly fee itu adalah batas biaya maksimum u/ setiap limit kartu, dimana u/ menghitung equivalent persen (2,95%)...setiap perbandingan antara monthly fee dengan limit kartu masing2 semua equivalentnya sama 2,95%

      biaya yang dibebankan ke bapak bukan monthly fee, tetapi nett monthly fee dimana cara perhitungannya net mothly fee adalah sisa hutang x (monthly fee/limit kartu) atau sama dengan nett monthly fee = sisa hutang x 2,95%

      contoh : Limit kartu bapak Rp 40 juta, dimana monthly feenya Rp 1.180.000,-...
      ibu belanja sebesar Rp 2 juta, dimana setelah terima tanggihan bapak bayar sebesar Rp 1 juta, jadi ada sisa hutang Rp 1 juta u/ ditanggih di bulan berikutnya.
      maka di billing bulan berikutnya ada sisa hutang Rp 1 juta, maka nett monthly feenya adalah Rp 1 juta x (Rp 1.180.000 / Rp 40 juta) = Rp 29.500 atau bisa dihitung juga dengan nett monthly fee = Rp 1 juta x 2,95% = Rp 29.500,- ...jadi yang dibebankan ke ibu adalah Rp 29.500,- bukan yang Rp 1.180.000,-
      kalau ada hal yang kurang jelas...bapak bisa emailkan no hp bapak atau bisa hubungi saya di 085694466859
      maaf kalau boleh tahu bapak kerja di kantor apa...?kalau boleh saya minta refrensi teman2 bapak u/ bisa saya tawarkan kartu hasanah
      terimakasih

      Hapus
  27. Katanya ada program cicilan 0%nya.bisadijelaskan lebih detail?

    BalasHapus
  28. aslam.kami mau tanya pak.2 abulan yang lalu kartu kredit bni kompen saya udah saya tutup karna limit nya hanya 5jt.tapi saya masih punya kartu kredit bukopin limit nya 10jt.pertanyaan saya apakah saya bisa ngajukan di bank bni shariah platinum. kami sudah ada usaha sendiri nirwana bordir komputer/konveksi di sumatra selatan terimakasih mohon di jawab

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum.
    Dulu saya aply kartu hasanah card ini karena ada tawaran free iuran tahunan untuk selamanya.
    Tapi ternyata setelah sy aktifkan di billing-nya langsung muncul iuran tahunan.
    Ini yg ngaco sales-nya ato gimana? terimakasih

    BalasHapus
  30. terimakasih sudah mengshare fatwa DSN tentang Syariah Card. saya jadi terinspirasi untuk menjelaskan kembali mengenai Kartu Kredit Syari'ah. jika berkenan untuk menyempatkan membaca tulisan saya tentang Kartu Kredit Syari'ah, silahkan berkunjung di http://artikelekis.blogspot.com/2014/09/kartu-kredit-syariah-syariah-card.html

    BalasHapus